Selasa, 18 Januari 2011

English Is A Part Of My Life

Bagi saya tiada hari tanpa bahasa inggris, dimanapun saya selalu memikirkan dan mempraktekkan inggris saya. Bahkan ketika mandi saya sering nyanyi lagu bahasa inggris supaya keadaan wc saya yang sempit sedikit berwarna. Sebenarnya bahasa inggris ialah hal yang wajib dipelajari, mungkin saudara sekalian boleh tidak percaya. Tapi coba saudara perhatikan koran lowongan pekerjaan secara seksama, hampir di tiap perusahaan menuliskan syarat "Mampu Berbahasa Inggris Dengan Baik". Nah sekarang saudara percaya ?

English is anywhere, realize it man ! Langsung saja saya akan memberikan tips belajar bahasa inggris versi saya :

1. Sadar ! Inggris ada dimana saja !
Bukti simplenya tanda Stop (Berhenti) pada rambu-rambu jalan. Bukti yang lainnya kata Flush (Siram) di toilet. Saudara jelas malu ketika saudara sedang membawa adik saudara yang masih kecil ke WC lalu dia bertanya "Kk arti tulisan itu apa ?" dimana pada saat itu banyak wanita cantik atau lelaki tampan yang TIBA-TIBA menoleh ke arah saudara, tapi sayangnya saudara tidak bisa menjawab. Pastinya akan sangat menyebalkan, memalukan dan mungkin terulang lagi di mimpi saudara. That Terrible Man ! Jadi mulailah perlahan memperhatikan kata-kata yang SIMPLE dan UMUM tapi PENTING.

2. Memperluas Vocabulary
Jika saudara siswa SMA lalu guru saudara menyuruh tulis 50 vocabulary yang saudara tau tanpa membuka kamus, hampir 99% saudara kemungkinan pasti menuliskan Eat, Drive, Drink, Sell, Buy, Open, Sing, Write, Teach, Run (Maap saya tidak bisa menyebutkan semua). Kata-kata yang baru saya sebut itu sangatlah dasar sekali bahkan siswa SD kelas 3 saja sudah mengerti kata Rely, Fortune, Discreet, Provide, Chase, Author.Saya sadar bahwa vocabulary saya setara dengan anak kelas 3 SD itu, padahal saya sudah kelas 3 SMA. Jadi saya bertekat menghafal 500 kata kerja dan kata benda bahasa inggris. Dalam waktu 3 bulan saya mencapainya, saya dapat menghafal 85-90% dari 500 kata tersebut tanpa salah. Memang cukup lama, tapi prinsip saya ialah Menghafal Minimal 10 kata/ hari dan berhasil. Target saya berikutnya ialah 1000 kata.

3. Dengerin musik inggris
Cara ini sedikit sulit, kalau saya mendengarkan musik inggris dengan headset. Lalu saya tulis liriknya di sebuah kertas tapi tiap 5 detik harus saya pause bahkan diulang sampai telinga saya bengkak. Setelah selesai semua, baru saya membuka internet dan menyesuaikan. Tapi sampai sekarang masih banyak salahnya, It's ok keep going.


4. Memperlancar Akses dan Pola Membaca
Bagi saudara uang suka menyanyi ada bagusnya saudara menyanyi lagu berbahasa inggris. Nyanyi dengan memutar lagu tersebut dengan hp, cocokkan logat saudara dengan penyanyi. Ini akan melatih speaking dan menambah vocabulary saudara, terkadang lirik lagu mempunyai kata-kata indah yang tidak rugi jika di translate.

Sekian dari saya, percaya atau tidak bagi wanita, pria yang dapat berbahasa inggris bagaikan air dianggap COOL bagi para wanita (Saya pernah menggalaminya ^_^ ).




Tag : Tiada Hari Tanpa Bahasa Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar